KPU Lambar Uji Publik 309 DCS - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 12 Agustus 2018

KPU Lambar Uji Publik 309 DCS

Foto: dok KPU Lambar


MATAPENANEWS.COM, LAMBAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat (Lambar) tengah uji publik bagi 309 orang yang telah ditetapkan sebagai daftar calon sementara (DCS) legislatif pada Pemilu 2019.

Uji publik itu bakal dilangsungkan selama 10 hari, Minggu - Selasa (12-21/8).

Menurut Komisionet KPU Lambar, Syarif Ediyansyah, publik bakal mebilai track record setiap person di mata masyarakat.


Bahkan, demikian pula berkas administrasi yang dimasukkan ke lembaga penyelenggara pemilu itu saat mendaftar dan perbaikan berkas sesuai prosedur peraturan berlaku atau tidak. Demikian pula keabsahan administrasi lainnya.

"Uji publik terkait dengan track record dari bacaleg yang telah kami umumkan. Sekaligus untuk mengukur apakah syarat bacalag yang telah disampaikan kepada kami (KPU) ada persoalan atau tidak," kata Syarief Ediyansyah, Minggu (12/8).

Dalam 10 hari masyarakat diberi ruang menilai dan memberi tanggapan para calon sementara. KPU menerima laporan masyarakat terkait rekam jejak dan administrasi calon sementara itu. Namun pelapor harus mampu menunjukkan identitasnya.

"Kalau ada informasi terkait dengan bacaleg tersebut silahkan disampaikan kepada kami (KPU) disertai dengan identitas yang jelas dari pelapor," tandasnya.

Diketahui, KPU Lambar telah menggelar rapat koordinasi penyusunan dan penetapan 309 daftar calon sementara (DCS) Pemilihan Legislatif 2019, Sabtu (11/8).

Rakor dilangsungkan di kantor penyelengara pemilu itu di kompleks pemkab setempat dan diikuti oleh 14 partai politik (parpol) yang mendaftarkan bacalegnya bebrapa waktu.

"Kalau penetapan DCS kemarin KPU sudah menggelar rakor, penyusunan dan penetapan DCS pemilu 2019," ujar Syarief.

Hasilnya KPU menetapkan 309 DCS dari 329 bacaleg yang didaftarkan 14 parpol, 19 tak memasukkan perbaikan berkas sementara satu lainnya memang mengundurkan diri.

"Yang kami tetapkan dalam DCS ini berjumalah 309 bacaleg," pungkasnya. (red)

Post Bottom Ad