Telah Dibuka Agus Istiqlal, Ini Tujuan FTS Digelar di Pesibar - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 April 2018

Telah Dibuka Agus Istiqlal, Ini Tujuan FTS Digelar di Pesibar

Foto: Erson/Pesibar

MataPenaNews.com, Pesibar-- Festival Teluk Stabas (FTS) ke V, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pesisir Barat ke V yang jatuh pada 22 April 2018 mendatang, telah dibuka secara langsung Bupati Pesibar Agus Istiqlal, Senin (16/4).

Kegiatan FTV ke 5 tersebut diawali dengan Parade Budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk serta sejumlah lomba yang memeriahkan gelaran ini di antaranya Lomba Nyulam Tapis, Tari Adat Lampung, Tari Kreasi Lampung, Ngukokh Kelapa, Ngunduh Damar, Burung Berkicau, Mawalan dan Lomba Nyelimpokh Gelamay. Seluruh perlombaan yang dipusatkan di kawasan wisata Pantai Labuhanjukung.

Dalam pembukaan FTS ke V oleh Bupati Pesibar, sekitar Pukul 16.00 WIB didampingi oleh Wakil Bupati Pesibar, Erlina, S.P., M.H., Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Lampung, Ketua DPRD Pesibar, Piddinuri dan seluruh Forkopimda Pesibar-Lampung Barat (Lambar) ditandai dengan pemukulan gong.

Disampaikan Ketua Panitia FTS Ke 5 Audi Marpi bahwa seluruh rangkain kegiatan yang dikemas dalam FTS tersebut merupakan bentuk kecintaan terhadap Kabupaten Pesisir Barat, yang diharapkan bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat Pesisir Barat. FTS ini dilaksanakan sejak 16 April 2018 hingga 23 April 2018 mendatang. Even pariwisata yang dihelat Pemkab Pesibar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) tersebut juga diisi berbagai lomba budaya.

"Kami ingin event ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyaksikan, sekaligus sebagai sarana memelihara tradisi dan budaya masyarakat Pesibar," kata Audi.

Untuk itu, ia berharap para seluruh warga, khususnya para penggiat pariwisata untuk turut berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan yang merupakan salah satu dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pesibar ke V ini.

Sementara dalam sambutan Bupati Pesibar, Agus Istiqlal bahwa Pesibar merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan daya tarik utamanya adalah wisata alam, khususnya bahari.

"Karena itulah kami menyajikan sebuah festival budaya agar wisatawan tidak hanya mengenal keindahan alam Pesisir Barat saja, tapi juga kearifan lokal yang dimiliki masyarakatnya," jelasnya.

Wisatawan mancanegara misalnya, tidak hanya berselancar ombak saja, tetapi bisa menyaksikan keindahan budaya lokal. Sehingga ke depan, potensi wisata budaya juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi menurutnya, salah satu misi Bupati Pesibar adalah mewujudkan Pesibar sebagai daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal.

"FTS layak dimasukkan dalam agenda kunjungan para wisatawan, sekaligus menikmati berbagai destinasi wisata seperti Pantai Labuhanjukung, Pantai Tanjungsetia, dan Pulaupisang," pungkas Agus. (ers/mpn)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad