Beras Medium Diatas HET, Ini Kata Kasi Perdagangan - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 06 Februari 2018

Beras Medium Diatas HET, Ini Kata Kasi Perdagangan

MATAPENANEWS.com--Harga beras medium di Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Provinsi  Lampung lampaui harga eceran tertinggi (HET) Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 57/17, yakni Rp9.450/Kg untuk medium atau eceran. Dan premium (kemasan) dibandrol dengan harga Rp12.800/Kg.

Namun harga beras medium Rp13 ribu/Kg di tingkat pengecer.

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Lambar padahal telah menyosialisasikan Permendag No. 75/17 hingga ke penggilingan gabah ditingkat petani.demikian pula agen beras dan pengecer.
"Kami sudah sosialisasikan permendag ini bahkan sampai kw penggilingan," kata Kasi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Lambar, Desi Haironi, Selasa (6/2).


Bahkan pihaknya telah berupaya menekan harga beras dengan menggelar operasi pasar (OP) bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) beberapa waktu lalu.

Untuk memantau harga pihaknya membentuk petugas di lima kecamatan guna mengontrol harga beras agar tidak melambung tinggi dari harga yang telah ditentukan sesuai Permendag No 57/2017.

Dikatakan Desi, dari hasil laporan petugas di lima kecamatan telah menunjukkan penurunan harga, meski tetap diatas HET. Akan tetapi, paling menonjol di Kecamatan Balikbukit masih di atas Rp12 ribu.

Kendati begitu Desi mengaku pihaknya telah melakukan pengecekan di lapangan namun tidak ditemukan harga yang melapaui HET.

"Kenaikan harga beras dipicu oleh musim. Diri bulan Desember sampai dengan sekarang adalah masa paceklik. Dimana, musim tanam padi belum panen," tandas Desi. (red)

Post Bottom Ad