Ini Nih... Penyebab Wisatawan Kapok Kunjungi Suoh, Jauh-Mahal dan Ribet - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 Februari 2018

Ini Nih... Penyebab Wisatawan Kapok Kunjungi Suoh, Jauh-Mahal dan Ribet

Foto: ist
MATAPENANEWS.com--Wisata Suoh   Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Provinsi Lampung memang menjadi lokasi wisata primadona dan merupakan salah satu wisata yang paling menjanjikan di Lambar.

Para wisatawan kian melirik lokasi wisaya empat danau dan kawah kramikan nirwana. Terbukti, awal tahun 2018 para wisatawan sempat terjebak macet saking banyaknya pengunjung.

Namun, sistem dan tingginya retribusi yang diterapkan pengelola, Taman Bukit Barisan Selatan (TNBBS) membuat para wisatawan berpikir ulang berlibur ke lokasi itu.

Bagaimana tidak, selain lokasi dengan jarak tempuh yang relatif jauh. Memasuki lokasi itu harus merogoh kocek total paling tidak hingga Rp50 per pengunjung.
Belum lagi ribetnya sistem yang diterapkan menambah kekecewaan pengunjung.

Warga Kecamatan Batuberak Anton, mengatakan jika berkunjung ke tiga titik wisata itu pembayaran masuk bukan hanya di satu titik saja sehingga pengunjung kaget. "Bayangkan saja kalau ke wisata Suoh itu bayar parkir Rp5.000 untuk kendaraan roda dua sedangkan roda empat Rp10.000, tiket masuk Rp5.000, sewa perahu Rp20.000," kata dia.
Foto: ist

Lanjut Anton, belum lagi bayaran untuk pemandu ke pasir kuning keramikan Rp10.000, sedangkan bayar pemandu ke kawah Nirwana Rp20.000. "Itu tarif di Danau Asam, Pasir Kuning dan Kawah Nirwana saja. Nah, kalau mau masuk dari Danau Lebar ke Kawah Nirwana menggunakan ojek pulang pergi harus merogoh kocek Rp30.000 belum lagi ada dana kebersihan Rp2.000. Sangat ribet! malah bikin pusing masuk wisata ini," ungkap Anton.

Diharapkan pengelola objektif dalam menerapkan aturan kepada para petugas di lokasi. Karena menuju Suoh saja memakan waktu tidak sedikit. Artinya dana yang sudah dikeluarkan juga tidak sedikit. Begitu sampai di lokasi harus mengeluarkan dana besar lagi jadi tidak membuat para pengunjung tertarik akan kembali lagi berwisata malah kapok.

"Seharusnya petugas pasang tarif disatu titik saja dan dari satu tiket itu pengunjung sudah bisa menikmati semua pemandangan wisata di Suoh. Karena bayangkan di kota besar saja seperti tidak seribet itu," keluh dia.

Sementara itu Bendahara Wisata Suoh Arsan membenarkan jika tiket masuk wisata itu dibagi beberapa titik.

"Ya tiket kalau diglobal memang bisa mencapai Rp50 ribu, tetapi itu terbagi di beberapa titik," singkat dia kepada wartawan. (red)

Post Bottom Ad