Khitanan Massal 1001 Anak 2018 di Pesibar Resmi Usai - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 08 Mei 2018

Khitanan Massal 1001 Anak 2018 di Pesibar Resmi Usai

Foto: ist

MataPenaNews.com, Pesibar--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung menggelar penutupan rangkaian kegiatan Khitanan Masal 1001 anak, yang tersebar di 11 kecamatan di Kecamatan Pulaupisang. Penutupan kegiatan tersebut sebanyak 12 anak yang ada di Kecamatan Pulaupisang dengan total peserta khitan keseluruhan sebanyak 946 anak dari 11 kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

Sebanyak 12 anak di Kecamatan Pulaupisang yang dikhitan dan disaksikan langsung oleh Bupati Pesibar, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H.

Kegiatan khitanan masal 1001 anak yang digelar sejak Februari 2018 lalu tersebut secara bergilir hingga di Kecamatan Pulaupisang yang dipusatkan di Pekon Labuh kecamatan setempat, Selasa (8/5).

Rombongan Bupati Pesibar, Agus Istiqlal serta para asisten, Kepala OPD dan peserta khitanan masal dan para orang tua hadir dalam kegiatan tersebut.

Disampaikan dalam laporannya ketua Baznas Pesibar, Zikrullah, S.Ag., bahwa usia atau terbentuknya Baznas di Pesibar baru namun beberapa program sudah tersusun, termasuk sunatan masal yang merupakan salah satu kegiatan wajib Baznas dalam songsong Ramadhan.

"Kegiatan ini selain bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kesra dan Kecamatan juga PMI dan LAZ Kecamatan," kata Zikri.

Penutupan sunatan masal 1001 anak yang dibuka langsung oleh Bupati Pesibar pada Februari lalu, kemudian dilanjutkan disetiap kecamatan dengan jumlah anak yang sudah ditentukan dan waktu yang sudah ditetapkan. "Anak yang dikhitan adalah anak yatim piatu, anak keluarga yang kurang beruntung (fakir miskin), santunan tiap-tiap anak yang dikhitan adalah sarung, tempurung sunat, dan kopyah," paparnya.

Adapun rincian peserta khitanan masing-masing kecamatan yakni untuk Kecamatan Pesisir Tengah sebanyak 64 anak, Untuk Kecamatan Krui Selatan 65 anak, Kecamatan Pesisir Selatan 129 anak, Kecamatan Ngambur 89 anak, Kecamatan Bangkunat 144 anak, Kecamatan Ngaras 94 anak, kecamatan Karyapenggawa 100 anak, Kecamatan Pesisir Utara 95 anak, Waykrui 72 anak, Kecamatan Lemong 82 anak dan Kecamatan Pulaupisang 12 anak dengan total keseluruhan peserta khitanan sebanyak 946 anak.

Untuk pendanaan yang berasal dari ZIS yang masuk ke Baznas, kemudian dari sumbangan donatur. Sumbangan tenaga medis dan obat-obatan dari Dinas Kesehatan dan PMI. "Tujuan dilaksanakan Baznas Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan amanah atau pembayar zakat para Muzakki zakat sampai kepada Mustahil Zakat, sebagai salah satu perintah Allah kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa," harap Zikri.

Selain itu, Baznas Kabupaten Pesibar mempunyai program di Bulan Suci Ramadhan yakni akan menyantuni 1001 kaum duafa dengan syarat jika ada Zakat Infaq, sodaqoh yabg masuk ke Baznas. "Oleh karena itu kami menghimbau kepada kita semua, titipkan sebagian dari harta kita kepada Baznas Pesibar, Insya Allah kami akan amanah untuk menyampaikan kepada yang berhak menerimanya,"pungkas Zikri.

Sementara disampaikan Agus Istiqlal dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap program yang sudah dicanangkan oleh Baznas Pesibar pada saat ini yakni menghitani 1001 anak. Baznas Pesibar sudah sepakat untuk memanfaatkan dana zakat, infaq dan sadaqoh masyarakat di Pesisir Barat tersebut dalam empat program yakni pertama program "Pesisir Barat Santun, yaitu program yang bersantun kepada, anak yatim piatu, menyantuni Kaum duafa, fakir miskin dan menyantuni korban bencana alam.

Melalui zakat, infaq dan sadaqoh maka dalam kehidupan sosial manusia merupakan upaya untuk mengangkat harkat dan martabat manusia diais Allah SWT. "Dengan berakhirnya kegiatan Baznas Pesisir Barat ini, diharapkan nanti menjadi amal kebaikan seluruh panitia yang terlibat. Termasuk kegiatan ini adalah salah satu perhatian Pemkab Pesisir Barat, terhadap masyarakat yang kurang mampu di Pesibar," tandasnya Agus. (ers/mpn)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad