Politekpar Palembang Penyluhan Pariwisata di Pesibar, Begini Sambutan Pemkab Pesibar - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 05 April 2018

Politekpar Palembang Penyluhan Pariwisata di Pesibar, Begini Sambutan Pemkab Pesibar


Politekpar saat gelar pwnyluhan pariwisata di Pesibar, Kamis (5/4). Foto: Humas Pemkab

MataPenaNews.com, Lambar--Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekpar Pariwisata Palembang melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Lampung menggelar Penyuluhan Pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung yang dipusatkan di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah,  Kamis (5/3).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekpar Pariwisata Palembang, Abdu Rahman, menyampaikan, sekilas info terkaiti Politeknik Pariwisata Palembang yang baru berusia dua tahun dengan jumlah mahasiswa sebanyak 600 orang.  "Dan pada tahun ini pihaknya akan membuka pendaftaran mahasiswa baru sebanyak 300 orang," kata Abdu.

Selain itu, Politeknik Pariwisata Palembang ini merupakan salah satu perguruan tertinggi yang didirikan oleh Kementrian Pariwisata. Provinsi Lampung mendapatkan dua kegiatan, salah satunya Penyuluhan Pariwisata dan ditunjuk Pesibar sebagai perwakilan Provinsi Lampung.

"Pesibar memiliki banyak protensi wisata yang perlu dikembangkan dan dijaga. Sehingga masyarakat khususnya pribumi perlu memiliki pemahaman dan ilmu terkait kepariwisataan," kata Abdu.

Sementara disampaikan Kepala Dispar Pesibar, Audi Marpi, menyampaikan terimakasih atas diselenggakannya penyuluhan pariwisata di Pesibar. Karena dari 15 kabupaten yang ditunjuk oleh Provinsi Lampung, Pesibar sebagai lokasi untuk melaksanakan penyuluhan tersebut dan diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari komunitas pariwisata di Pesibar.

Disampaikan Bupati Pesibar, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menyampaikan pihaknya mengucapkan selamat datang kepada pimpinan dan civitas Akademik Politeknik Pariwisata Palembang dan seluruh tamu undangan.

Pihaknya menyampaikan bahwa pengembangan kepariwisataan menjadi salah satu prioritas pembangunan Pesibar. Hal ini bahkan telah dituangkan dalam salah satu misi kepala daerah, yakni mewujudkan Pesibar sebagai daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal dan sekaligus mewujudkan visi pariwisata sebagai sektor unggulan nasional, sebagaimana diharapkan bapak Presiden RI  pariwisata di Pesibar diharapkan mampu menjadi penggerak pembangunan daerah.

"Pengembangan dan peningkatan pariwisata diarahkan pada peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur lokasi destinasi wisata yang telah ada maupun yang baru akan dikembangkan serta promosi pariwisata yang efektif dan efisien," jelas Agus.

Pengembangan pariwisata diarahkan tidak hanya pada peningkatan jumlah destinasi wisata, namun juga dengan pengembangan industri kreatif masyarakat dalam menunjang pariwisata. sehingga pada akhirnya pembangunan pariwisata dapat menjadi trigger bagi peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat dan memberikan efek domino yang positif.

"Perlu diketahui bersama Pesibar memiliki sejumlah program untuk pengembangan destinasi maupun peningkatan kunjungan wisatawan. sebagai destinasi wisata selancar ombak yang telah terkenal secara internasional," paparnya. (acha)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad