Perempat Final Piala Dunia 2018: Uruguay Tanpa Cavani, Prancis Tanpa Blaise Matuidi - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 05 Juli 2018

Perempat Final Piala Dunia 2018: Uruguay Tanpa Cavani, Prancis Tanpa Blaise Matuidi

Bola.net


RUSIA - Jumat (6/7) malam perempatfinal Piala Dunia 2018 bakal memertemukan Uruguay-Prancis di Stadion Nizhny Novgorod.

Baik Uruguay maupun Prancis dikabarkan tak bisa tampil dengan kekuatan terbaiknya.

Kok bisa? Ya. Sebab, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Edinson Cavani diprediksi bakal absen di laga itu.

Mesin gol pencetak dua gol kala Uruguay melumat Portugal di babak 16 besar mengalami cedera.

Jelas, kehilangan Cavani merupakan kerugian besar Uruguay. Pasalnya, Luis Suarez yang juga sudah mengemas dua gol di turnamen empat tahunan itu diperkirakan bakal kesulitan menggedor benteng Prancis yang dihuni dua bek tangguh, Samuel Umtiti dan Raphael Varane.

Sang Pelatih Oscar Tabarez bakal mengambil opsi dengan memainkan Cristhian Stuani sebagai pasangan Suarez. Meski ketajaman penyerang klub Girona FC di Spanyol itu tak sesubur Cavani.
Kendati begitu, Uruguay optimis menghadapi laga nanti.

Baca Juga: Brazil Vs Belgia: Pertarungan Benteng Kokoh - Ujung Tombak Tajam

Pemain Prancis, Adil Rami, menyebut Cavani bisa menjadi momok Prancis untuk metebut tiket ke empat besar. Karenanya, dia menyebut absennya Cavani bisa jadi keuntungan bagi Prancis.

Lantas bagaimana dengan Prancis?
Ya, Prancis diperkirakan tak akan diperkuat gelandang Blaise Matuidi, karena menjalani hukuman akumulasi kartu.

Kendati demikian, Pelatih Didier Deschamps memiliki banyak stok gelandang berkualitas menggantikan Matuidi.

Pemain muda Corentino Tolisso atau gelandang berpengalaman Steven Nzonzi bisa menjadi pilihan bagi Deschamps.


"Kami telah menunjukkan bahwa kami adalah tim sesungguhnya. Tim yang tangguh dan kuat," ujar Nzonzi, yang menyatakan siap mengisi posisi Matuidi.

Yang harus diwaspadai Uruguay adalah tiga penyerang Olivier Giroud, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe.

Bintang utama Prancis tentu saja Kylian Mbappe. Dua golnya ke gawang Argentina pada babak 16 besar lalu menegaskan kemampuannya sebagai pemain muda paling berbahaya di Piala Dunia 2018. Kecepatannya, ketenangannya mengeksekusi peluang bakal membuat repot lini belakang Uruguay, yang akan dikomandoi Diego Godin.

Antoine Griezmann juga sosok yang bisa menjadi pemecah kebuntuan bagi Prancis. Penyerang asal Prancis itu sangat piawai melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Dari lima percobaan Griezmann sejauh ini, empat di antaranya mengarah tepat ke sasaran. Hanya, memang belum ada yang berbuah menjadi gol.

Selain dari Griezmann, ada ancaman dari lini tengah Prancis. Gelandang Paul Pogba juga bisa menjadi ancaman serius jika diberikan ruang tembak oleh para pemain Uruguay.

Dengan kekuatan skuad yang lebih unggul, Prancis seharusnya bisa menundukkan Uruguay. Namun kepintaran Oscar Tabarez meramu strategi tampaknya akan menjadi keunggulan bagi mereka.

Tabarez dan Deschamps sempat dua kali beradu strategi, dan hasilnya adalah satu kali menang untuk Uruguay dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Uruguay juga lebih sering meraih kemenangan dalam delapan pertemuan kedua tim, dengan mengantongi tiga kemenangan, sedangkan Prancis hanya mampu memetik satu kemenangan. Kemenangan Prancis itu pun terjadi lebih dari tiga dekade lalu.

FIFA

Sumber: TEMPO.CO

(matapenanews.com)

Post Bottom Ad