Begini Cerita Terbentuknya Provinsi Lampung - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 19 Maret 2018

Begini Cerita Terbentuknya Provinsi Lampung

Ketua DPRD Lambar, Edi Novial bercerita terbentuk Pemprov Lampung saat Paripurna Istimewa Hut Lampung ke-54, Senin (19/3). Foto: ist

MATAPENANEWS.com– Ketua DPRD Lampung Barat (Lambar), Lampung beber sejarah terbentuknya Provinsi Lampung.

Hal itu diceritakan ketua DPRD termuda di Sumatra itu kala paripurna istimewa Peringati Hut Provinsi Lampung ke-54, di Gedung Marghasana. Senin (19/3).


"Pembentukan Provinsi Lampung sebelum mekar dibawah naungan Pemerintahan Sumatra Selatan (Sumsel). Lampung sebelum menjadi provinsi di bentuk Karesidenan Lampung. Tepat pada tanggal 18 Maret 1964 menjadi hari yang bersejarah bagi Provinsi Lampung.

Adalah Kusno Dhanupojo dilantik untuk kali pertama menjadi penjabat Glgubernur oleh Menteri Dalam Negeri yang di wakili Eny Karim 18 Maret 1964 pada jam 20.00 Wib terjadilah detik-detik bersejarah yaitu upara serah terima pemerintah daerah/ kepala daerah yang di saksikan Eni Karim kala itu.


Sejarah terbentuknya Provinsi Lampung, menurut Ketua DPRD termuda se-Provinsi Lampung tersebut, berdasarkan Surat  Menteri Dalam Negeri tenggal 14 Desember 1963 nomor : BK/2103/5-472, A. 17 .1313-3 oleh Pemerintah Daerah Sumatra Selatan. Lalu, surat keputusan oleh Pemerintah Pusat tanggal 08 Januari 1964 nomor : L.5/ 1964.

Pada masa itu, ujarnya, pemerintah pusat telah menyetujui pembentukan daerah Swatantra tingkat I Lampung dalam waktu sesingkat-singkatnya. Sebagai upaya percepatan pemekaran, dibentuk team asistensi yang bertugas membantu gubernur/kepala daerah Sumsel.

Diantaranya jelasnya, usaha percepatan mengumpulakan bahan-bahan yang diperlukan untuk pemindahan hak, tugas, kewajiban dan wewenang  dari Pemerintah Sumsel kepada Pemerintah Daerah Lampung. "Yerkait masalah kepegawaian, harta benda (bergerak atau tidak bergerak, passiva dan activa) untuk diserahkan kepada Pemerintah Daerah Lampung.

"Dirgahayu Provinsi Lampung, Pembangunan Sukses Lampung maju Rakyat Sejahtera." Demikian Edi Novial. (mpn)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad