Dilantik Sang Suami Ketua Dekranasda, Ini Kata Partinia Parosil - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 15 Maret 2018

Dilantik Sang Suami Ketua Dekranasda, Ini Kata Partinia Parosil

Bupati Lambar Parosil Mabsus saat melantik pengurus Dekranasda Lambar, Kamis (15/3). Foto: ist

MATAPENANEWS.com--Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Barat (Lambar) Provinsi Lampung, priode 2017-2022 dilantik Bupati Parosil Mabsus di Aula Kagungan, kantor bupati setempat, Kamis (15/3).

Yang menarik, Parosil melantik sang istri, Partinia Parosil selaku Ketua Dekranasda Lambar.

Pidato pertama Partinia selaku pengurus mengajak jajarannya bekerja kreatif dan aktif, mampu menjadi pembina terbaik bagi para perajin.

"Dekranasda merupakan organisasi independen dan nirlaba, sehingga dalam menjalankan tugas organisasi, dilakukan secara sukarela demi keberhasilan melakukan pembinaan terhadap para perajin dan pelaku ekonomi kreatif," harap Partinia.
Bupati Lambar Parosil Mabsus dan Ketua Dekranasda Lambar Partinia Parosil usai pelantikan pengurus Dekranasda, Kamis (15/3). Foto: ist

Menurutnya, Dekranasda Lambar memiliki kelompok binaan pengrajin dengan berbagai produk. Selain sebagai pembina, organisasi itu juga membantu melakukan pemasaran, baik di dalam daerah maupun luar daerah. Serta memiliki tugas menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya.

"Dekranasda diharapkan akan menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah Lambar, serta dapat memberikan motivasi kepada para pengusaha kita agar hasil kerajinan-kerajinan mereka bisa diperkenalkan melalui kegiatan-kegiatan  dekranasda seperti pameran baik dalam ataupun luar daerah sehingga dapat memperkenalkan produk khas daerah dan meningkatkan kepentingan perajin yang ada di kabupaten Lambar," harapnya.

Kata Partinia, Dekranasda harus mampu mengambil andil dalam mewujudkan Lampung Barat "Hebat", dengan ikut serta meningkatkan kesejahteraan para perajin, memberdayakan masyarakat untuk terus berinovasi sehingga tercipta produk unggulan.

"Mudah-mudahan dengan pembinaan yang kita lakukan produk kerajinan yang diciptakan masyarakat akan meningkatkan nilai ekonomi, dan berimbas pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Partinia.

Sementara Parosik dalam kegiatan yang dirangkai dengan peringatan HUT ke-38 Dekranasda, Parosil Mabsus berharap, pengurus Dekranasda yang datang dari berbagai latar belakang, akan menemukan pengrajin-pengrajin lokal yang menghasilkan produk kerajian yang bernilai jual tunggi.

"Saya percaya pengurus Dekranasda mampu melakukan pembinaan terhadap kelompok pengrajin, sehingga produk yang dihasilkan akan bisa bersaing ketika kita pasarkan ke daerah luar," kata Parosil.

Kegiatan yang juga dihadiri wakil bupati Mad Hasnurin, berpesan kedepan setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, sarana yang digunakan merupakan produk lokal yang nilainya lebih tinggi dari produk modern.

"Saya harap setiap kegiatan, wadah kue dan yang lain, yang ada sekarang digantikan tampah yang dihasilkan oleh warga Lambar, selain meningkatkan pendapatan pengrajin juga memiliki nilai yang lebih tinggi," tandas Parosil. (mpn)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad