Ini Kata Agus Istiqlal saat Sosialisasi DD-ADP Pesibar - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 09 Mei 2018

Ini Kata Agus Istiqlal saat Sosialisasi DD-ADP Pesibar

Foto: ist

MataPenaNews, Pesibar--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Pesisir Barat (Pesibar) Lampung menggelar sosialisasi dan pembinaan pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Pekon (ADP) Tahun 2018 di Gedung Serbaguna Selalaw (GSG) Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (9/10) sekitar Pukul 14.00 WIB.

Kegiatan yang diikuti oleh 116 peratin dan 11 camat se-Pesibar.

"Dalam pengelolaan DD tidak boleh terlepas dari rambu-rambu yang telah ditetapkan baik berupa petunjuk teknis maupun petunjuk pelaksanaan yang ada  dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan," pesan Bupati Pesibar Agus Istiqlal.

Dengan mengedepankan musyawarah dan kontrol masyarakat dalam pengelolaan dana desa yang diwujudkan melalui pemberian hak masyarakat terhadap informasi serta peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelola baik dalam administrasi, organisasi, maupun manajemen serta bekerja sesuai prosedur dapat menghindari penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran.

"Prioritas penggunaan DD untuk tahun anggaran 2018 difokuskan untuk program kegiatan yang bersifat lintas bidang. Program kegiatan lintas bidang antara lain bidang kegiatan produk unggulan desa atau kawasan perdesaan, Bumdesa atau Bumdesa bersama, Embung dan sarana olahraga desa sesuai dengan kewenangan desa. Pelaksanaan prioritas penggunaan dana desa wajib dipublikasikan oleh pemerintah desa di ruang publik yang dapat diakses oleh masyarakat desa," jelasnya.

Pada kesempatan itu pihaknya berpesan kepada seluruh peratin untuk melakukan koordinasi dengan pendamping profesional dan SKPD terkait,  tingkatkan kapasitas diri dan pahami peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan dana desa sebagai jembatan menuju pemahaman yang lebih baik untuk kemajuan pekon dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Pesibar.

Dalam sosialisasi dan pembinaan DD dan ADP dihadiri langsung oleH Bupati Pesibar, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H., kepala DPMP, Murliana, serta kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD), Ir. Muhamad Azis dan Inspektorat, H. Alzaziri Sabki, S.E., M.M.,

Disampaikan Bupati Agus Istiqlal, bahwa melalui acara sosialisasi ini, perlu  sampaikan kepada para peratin se-Pesibar bahwa dari tahun ke tahun pengalokasian anggaran Dana Desa terus mengalami peningkatan.  Hal ini menunjukkan bentuk perhatian pemerintah terhadap pekon dalam  melaksanakan program pembangunan  sesuai dengan kewenangan pekon.


Diketahui untuk ADP sumber APBD Pesibar 2018 dialokasikan sebesar Rp43.898.757.000; DD yang bersumber dari APBN sebesar Rp98.950.577.000. Dan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp1.063.495.200, akan dibagi ke-116 pekon yang ada di 11 kecamatan se-Pesibar di Tahun 2018. (ers/mpn)

Editor: M Yanto

Post Bottom Ad