Tenaga Ahli Gubenur-Erlina Bahas Peningkatan BUMDes Di Pesibar - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 22 Mei 2018

Tenaga Ahli Gubenur-Erlina Bahas Peningkatan BUMDes Di Pesibar

Pemkab Pesibar saat sosialisasi peningkatan BUMDes, Selasa (22/5). Foto: ist

MataPenaNews.com, Pesibar--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) Lampung menggelar sosialiasai tentang rencana peningkatan kapasitas BUMDes dalam rangka membangun ekonomi pekon di ruang OR bupati, Selasa (22/5).

Kegiatan tersebut dihadir langsung oleh Wabup Erlina; Tenaga Ahli Gubernur Lampung, Irwan Efendi; sejumlah kepala OPD, camat dan perwakilan peratin dari sejumlah pekon.

Dalam kesempatan itu, Erlina menyampaikan bahwa keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menjadi salah satu sarana suntuk meningkatkan perekonomian masyarakat disetiap pekon di Pesbar.
"BUMDes ini merupakan program Presiden RI Joko Widodo, dan ini sesuai dengan nawacita beliau dimana pembangunan wilayah indoneis dimulai dari tingkat terendah yakni dimulai dari pekon," kata dia.

Dijelaskannya, setiap program yang dilaksanakan disetiap pekon bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, bukan kesejahteraan penyelenggara kegiatan disetiap peekon itu, seperti peratin, camat dan lainnya. "BUMDes harus diaplikasikan diseluruh pekon, sehingga bisa memberikan kesejahteraan untuk masyarakat. Pekon juga harus pandai dalam memilih kegiatan yang akan dijalankan melalui BUMDes itu," jelasnya.

Menurutnya, untuk mendukung berjalannya BUMDes, aparat pekon harus mendukung dengan memberikan dukungan anggaran, sehingga keberadaan BUMDes yang ada bisa terus berkembang. "Selama empat tahun terakhir seluruh pekon telah menerima Dana Desa (ADD), melalui DD itu pekon bisa memberikan dukungan anggaran sehingga BUMDes yang dikelola bisa tetap berjalan sampai BUMDes itu benar-benar mandiri nantinya," terangnya.

Pihaknya berharap pemprov semua pihak bisa mendukung berjalannya BUMDes diseluruh pekon di Pesibar, karena hingga kini baru 76 pekon dari 116 pekon di Pesibar yang telah memiliki BUMDes. "Kami harap dukungan dari Pemprov Lampung bisa mengalir ke Pesibar, terutama dalam menajalankan BUMDes di masing-masing pekon nantinya," pungkasnya. (ers)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad