Pastikan Kesiapan Pengamanan Pulgub, Ini Yang dilakukan Pemkab Pesibar, TNI-Polri - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 24 Juni 2018

Pastikan Kesiapan Pengamanan Pulgub, Ini Yang dilakukan Pemkab Pesibar, TNI-Polri

Foto: Erson N/ matapenanews


Laporan: Erson N
Editor: M Yanto

PESISIR BARAT-Guna memastikan kesiapan personel dalam hal pengamanan jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) bersama dengan Kodim 0422 dan Polres Lampung Barat (Lambar), menggelar apel pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), di Lapangan Merdeka Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah, sekitar Pukul 09.00 WIB.

Bertindak sebagai pembina apel yakni Wakil Bupati, Erlina, dan dihadiri oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan peserta apel terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan linmas.

Dalam sambutannya, Erlina menyampaikan bahwa apel pasukan tersebut dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan kelapangan jelang dilaksanakannya pilgub. Dengan demikian diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka mensukseskan pengalaman Pilgub Provinsi Lampung Tahun 2018.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang di jamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan," kata Erlina.

Dilanjutkannya, melihat proses pendewasaan demokrasi yang sedang berlangsung dengan dimulai dari tahap transisi demokrasi, dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip-prinsip demokrasi. Melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam kehidupan berdemokrasi, menuju konsolidasi demokrasi hingga tahap pemantapan demokrasi, kehidupan bermasyarakat berbangga dan bernegara ditandai dengan akuntabilitas pemerintah. "Tegaknya supremasi hukum, kuatnya partisipasi masyarakat dalam politik, kepatuhan masyarakat terhadap hukum, serta terselenggarannya pemilu yang aman dan demokratis," lanjutnya.

Ditegaskannya, berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, Pilkada merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Dilain sisi pilkada adalah sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem pemerintahan yang sah dan berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan daerah yang lahir dari hasil pilkada, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat.

"Mengingat arti penting dan strategisnya pilkada bagi keberlangsungan kepemimpinan daerah, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks inilah satuan perlindungan masyarakat mempunyai peran penting untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pilkada 2018," ungkapnya.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehenshif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan penyelenggaraan pilkada, TNI, Polri, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi pilkada serentak 2018 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. "Dengan demikian diharapkan pemantapan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju indonesia yang makmur dan sejahtera," jelas Erlina.

Erlina juga memerintahkan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan pilkada dengan sebaik-baiknya, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibnas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan jernih sesuai hati nuraninya.

"Selain itu, kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas, agar secara proaktif terus memperkokoh sinergi dengan penyelenggara pilkada, TNI, Polri, masyarakat, dan mitra keamanan lainya, dalam rangka mendukung kesuksesan Pilgub Provinsi Lampung Tahun 2018. Saya tegaskan agar seluruh personel Satpol PP dan Satlinmas tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu, dalam memberikan pelayanan maupun tindakan lainnya, selama berlangsungnya tahapan-tahapan pilkada serentak Tahun 2018," pungkasnya.
(matapenanews.com)

Post Bottom Ad