Diskan Tanggamus Salurkan 500 Ribu Benur Vaname - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 01 Agustus 2018

Diskan Tanggamus Salurkan 500 Ribu Benur Vaname

Ist


TANGGAMUS--Dinas Perikanan (DP) Kabupaten Tanggamus salurkan bantuan 500 ribu benih udang (benur) jenis udang putih Vaname kepada pembudidaya udang di Pekon Karang Anyar, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Sigit Bayu Purnomo mendampingi Kepala Dinas Perikanan Edi Narimo, SH, mengatakan bantuan yang disalurkan merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPI2UK) UPT Ditjen KKP Karang Asem, Bali.

"Kami mengusulkan permintaan bantuan sebanyak 1 juta benih udang putih Vaname, ke Kementerian, bersyukur 500 ribu benih yang direalisasikan, yang kami salurkan kepada kelompok pembudidaya ikan di Pekon Karang Anyar, Kecamatan Wonosobo pada 13 Juli kemarin, " ujar Sigit, Kamis (02/08/2018).

Sigit Bayu Purnomo menerangkan, pengembangan udang putih Vaname merupakan terobosan baru dari Dinas Perikanan Tanggamus, khususnya untuk Kecamatan Wonosobo yang memang berpotensi budidaya perairan payau.

Adapun udang Vaname memiliki keunggulan tersendiri, yaitu responsif terhadap pakan dengan kadar protein 25 - 30%  (lebih rendah dari udang windu) dan kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan suhu rendah.

Selanjutnya Adaptasi terhadap perubahan salinitas (khususnya pada salinitas tinggi), laju pertumbuhan yang relatif cepat pada bulan I dan II Angka kehidupan (survival rate)  hidup tinggi.

Serta udang jenis ini tahan terhadap serangan penyakit, seperti penyakit Penyakit Bintik Putih atau White Spot Syndrome (WSS) Udang.

Udang Vaname dapat ditebar dengan kepadatan tinggi karena hidupnya mengisi kolom air bukan di dasar saja, dengan serapan pasar luas, mulai dari ukuran 10 hingga 25 gram per ekor.

"Pengembangan udang putih Vaname adalah inovasi dan terobosan baru dari Dinas Perikanan Tanggamus, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan peluang usaha baru bagi pembudidaya. Selain itu berdasarkan iklim dan letak georafis dari wilayah Kecamatan Wonosobo khususnya Pekon Karang Anyar sangat dekat garis pantai, dan memiliki perairan payau, yang cocok budidaya udang, " terang Sigit.

(matapenanews.com)

Post Bottom Ad