Ini Istilah saat Kapolda Lampung Kunjungi Rumah Adat di Lambar, Seangkonan - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 09 Februari 2018

Ini Istilah saat Kapolda Lampung Kunjungi Rumah Adat di Lambar, Seangkonan

Add caption
 FOTO: HUMAS PEMKAB FOR MATAPENANEWS.COM

MATAPENANEWS.com--Seangkonan demikian istilah dalam bahasa Lampung, yang berarti menjalin persaudaraan.

Kata-kata itulah yang digaungkan kala Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana, berkunjung ke Lamban Gedung Dalom Buay Pernong,  Kecamatan Batubrak Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Jumat (9/2).

Rombongan kapolda disambut mantan Kapolda Brigjen Pol (Purn) Edward Syah Pernong dengan sebutan  Paduka Yang Mulia Puniakan Dalom gelar Sultan Pangeran Raja  Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi Yang di Pertuan Sekala Beghak Ke XXIII.

Tampak pula, Bupati Parosil Mabsus, Wakil Mad Hasnurin, Kapolres Lambar AKBP Tri Suhartanto,  Bupati Pesisir Barat  (Pesibar) Agus Istiqlal, Ketua DPRD Lambar Edi Novial dn Bupati Lambar Periode 2012-2017 Mukhlis Basri serta Kodim 0422 Lambar  Letnan Kolonel Inf Iskandar.

Add caption
FOTO HUMAS PEMKAB FOR MATAPENANEWS.COM

Parosil  menyambut Suntana dengan selamat datang di Barat Bumi Sekala Brak, Negeri Para Saibathin, Surganya Penikmat Kopi, Negeri Berbudaya Dan Penuh Kenangan.  “Selanjutnya di tengah-tengah kehidupan yang dinamis, tanpa disadari perkembangan adat istiadat selalu mengiringi. melalui seangkonan, bukan semata-mata mengangkat persaudaraan dan pemberian gelar, akan tetapi untuk mencegah budaya asing yang akan mengganti budaya nusantara.”

“Terus dengan semangat seangkonan muakhi ini bisa membawa perubahan yang akan dilakukan generasi muda, guna menjaga keberlangsungan adat istiadat secara terus menerus melekat pada kehidupan bermayarakat. Seangkonan muakhi yang laksanakan ini bertujuan untuk menyatukan persaudaraan antara Kapolda Lampung dan Pemkab Lambar serta dengan tokoh adat di Lambar.” Demikian Parosil. (red)

Post Bottom Ad