Pesibar Gelar O2SN-FLS2N SD, Bukri Bilang Begini - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 27 Maret 2018

Pesibar Gelar O2SN-FLS2N SD, Bukri Bilang Begini

Pesibar gelar O2SN dan FLS2N tingkat SD, Selasa (27/3). Foto: Acha/Pesibar

MataPenaNews.com--Ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tingkat kabupaten Tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesibar tersebut, dipusatkan di GSG Selalaw, Pantai Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (27/3) sekitar pukul 09.00 WIB tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Ir. N. Lingga Kusuma, M.P.

Kepala Disdikbud, Hapzi SN, S.Pd., M.M., yang disampaikan oleh Sekretarisnya, Bukri, S.Pd., M.M., mengatakan O2SN akan berlangsung selama satu hari dengan mengikut sertakan empat cabang olahraga, yakni pencak silat, cegang, kids atletik dan bulutangkis yang masing-masing cabang diikuti oleh 22 peserta. Sedangkan FLS2N yakni Tari kreasi sebelas kelompok, Solo sebelas peserta, Pantomim Sebelas peserta dan Cergam sebelas peserta.

"Pada kegiatan O2SN dan FLS2N jenjang SD tingkat Kabupaten ini bertemakan Membangun karekter unggul melalui kegiatan olahraga dan seni pendidikan di Pesibar," jelas Bukri.

Sementara Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Lingga Kusuma bahwa tujuan dilaksanakannnya O2SN dan FLS2N tingkat kabupaten ini adalah untuk menumbuhkembangkang minat, bakat, dan kreatifitas para siswa akan olahraga dan seni.

"Selain itu kegiatan O2SN dan FLS2N juga untuk memilih para kandidat terbaik yang akan diikutsertakan pada ajang lomba tingkat provinsi. Jika peserta kita bisa lulus di tingkat Provinsi maka akan dilanjutkan tingkat nasional bahkan internasional,"papar Lingga.

Pihaknya juga berpesan kepada seluruh peserta O2SN dan FLS2N, Pertama agar bisa mengikuti seluruh rangkain perlombaan dengan sportif, artinya jujur dan menerima hasil perlombaan atau pertandingan dengan kompetisi yang sportif. Kedua, berkopetisilah dengan penuh percaya diri jangan minder. Ketiga jangan grogi atau demam panggung, Keempat yakni untuk yang mendapatkan juara harus rendah hati dan tidak sombong dan untuk yang belum mendapatkan juara harus tetap bersabar dan terus berlatih.

"Kegiatan O2SN dan FSL2N merupakan wadah silaturahmi sekaligus ajang uji coba kemampuan setiap sekolah, agar tidak tertinggal oleh sekolah lainnya. Kedua kegiatan itu penting dilaksanakan secara serius karena akan merujuk bakat dan kecenderungan anak. Kita harus terus maju, harus terus menggali dan mengembangkan bakat serta minat peserta didiknya baik dalam bidang akademik maupun non akademik," pungkas Lingga.

Kegiatan yang diketuai oleh Kabid Dikdas, paud dan PNFI Pesibar, Rena Novasari, S.H., M.H., tersebut mendatangkan dewan juri baik bidang seni dan juri bidang olahraga. Selain peserta juga tampak hadir para kepala SD se-Pesisir Barat, panitia pelaksana O2SN dan FLS2N Jenjang SD, serta pengawas sekolah dan para pendamping peserta O2SN dan FSL2N. (acha)

Editor: M Andika

Post Bottom Ad