Ada yang Beda Tuh dengan Kp Conggeang, Gelar Bacakan Hingga 50 Meter - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 16 Juni 2018

Ada yang Beda Tuh dengan Kp Conggeang, Gelar Bacakan Hingga 50 Meter

SERU: Bacakan yang digelar Kp Conggeang Sabtu (16/6) malam sepanjang 50 meter. Foto: Meko Andika/Matapenanews.com


Laporan: M Andika
Editor: M Yanto

SERANG-- Ada yang berbeda dari Kp. Conggeang, Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, Serang Banten dalam merayakan kemenangan pascapuasa sebulan penuh, Sabtu (16/6).


Dipelopori para pemuda Conggeang besutan Suryadi, menggelar berbagai kegiatan yang bertema "ngumpul berbarengan", saalah satunya bacakan, makan bersama.

Menurut tokoh pemuda setempat, Ade kegiatan diadakan setelah melaksanakan Shalat Idul Fitri 1439H tentunya setelah bersalam salaman antarsanak famili, kerabat, Jumat (15/6).
Sehari setelahnya digelar berbagai kegiatan hingga malamnya.

Pose warga Kp Conggeang usai gelar Bacakan, Sabtu (16/6) malam. Foto: Meko Andika/matapenanews.com

"Sebelum acara ini dimulai ditandai dengan pemasangan lampu berwarna warni di sepanjang jalan Conggeang," tutur tokoh pemuda Conggeang, Ade.

Acara yang di awali dengan balap karung, pukul tempurung kelapa dengan mata tertutup, panjat pinang dan lain-lain. Acara ini berlangsung seru dan disambut antusias oleh warga.

"Dan di akhir acara, Sabtu (16/06) pukul 22:00-23:00 WIB ditutup dengan makan bersama beralas daun pisang. Orang Jawa Banten menyebutnya bacakan," ujar dia lagi.

Selain Bacakan, Kp Cenggeang juga gelar panjat pinang, Sabtu (16/6) siang. Foto: Meko Andika

Tak tanggung-tanggung acara bacakan ini setidaknya mencapai 50 meter panjangnya, berbagai kalangan usia dari anak-anak hingga kakek nenek turut serta dalam bacakan ini.

Dan para tokoh dan orang yang dituakan di Conggeang Rahi diamini Busro pergelaran serupa di tahun mendatang.

"Kami berharap acara ini dilanjutkan hingga tahun berikut-berikutnya mengingat dampak positifnya yang sangat banyak," tutur

(matapenanews.com)

Post Bottom Ad