Oknum Humas BPJS di Lampura Ini Lecehkan Wartawan Yang Meliput? Begini Kronologisnya - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 29 Juli 2018

Oknum Humas BPJS di Lampura Ini Lecehkan Wartawan Yang Meliput? Begini Kronologisnya

BPJS Kotabumi Lampura saat gelar senam massal, Minggu (29/7). Foto: Arin/ Lampura


Laporan: Arin, Lampura/ matapenanews.com

Lampung Utara--Sejumlah awak media di Lampung Utara (Lampura) Lampung merasa kecewa dan dilecehkan salah satu oknum di Humas BPJS setempat, Hafis usai melakukan peliputan kegiatan senam massal yang digelar BPJS-Kesehatan Kotabumi, Minggu (29/7) pagi.

Hafis melontarkan ucapan ‘uang liputan’. Padahal kehadiran para awak media pada acara tersebut, untuk melakukan peliputan kegiatan berdasarkan undangan dari pihak BPJS.

Hafis mengatakan agar wartawan menerbitkan berita terlebih dahulu, baru kemudian diberikan ‘ uang liputan’.

”Terbitin dulu beritanya, nanti uangnya saya berikan besok (Senin, Red). Karena uangnya ada di kantor. Kalau nggak, terbitnya nanti aja ketika uangnya ada di hari Senin atau Selasa. Kalau nggak diterbitin juga nggak apa-apa," cetus Hafis kepada wartawan yang ada di lokasi.

Mendengar ungkapan tersebut, sontak saja sejumlah wartawan jadi berang. Pasalnya, kehadiran mereka diacara itu bukan untuk meminta uang peliputan, namun karena diundang pihak BPJS.

"Kami merasa diremehkan dengan ucapan Hafis. Karena kami sama sekali tidak pernah ada permintaan uang liputan. Kami hadir disini karena diundang," tegas Antaufik Riska wartawan Translampung diamini wartawan lainnya.

Menurut dia, memang sudah menjadi tugas seorang jurnalis untuk mencari dan membuat pemberitaan suatu kegiatan, terlebih para awak media yang hadir karena diundang.

”Sudah jadi tugas kami wartawan, untuk mencari berita. Tapi jangan diartikan, kehadiran wartawan di suatu kegiatan, untuk mencari uang liputan. Bahasa yang diungkapkan itu seolah-olah kami ini jual berita," tegas Antaufik Riska.

Senada diungkapkan Lutfansyah wartawan Warta9com. Menurutnya, kehadiran wartawan dalam kegiatan tersebut hanya untuk membantu mempublikasikan kegiatan yang digelar oleh BPJS sesuai dengan undangan yang di tulis dalam Group WA BPJS Kesehatan Kota Bumi.
”Mohon jangan disalahartikan. Apalagi sempat beberapa kali pak Hafis itu melontarkan ucapan serupa. Itu saya nilai sebagai tudingan kepada kami, dan mengecilkan profesi kami,” katanya.

Menyikapi insiden tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lampura Lia Y Surosa beberapa saat kejadian langsung menyampaikan permohonan maaf.

"Saya atas nama BPJS Kesehatan meminta maaf kepada rekan-rekan media, atas ucapan yang tidak mengenakan dari pegawai saya," ucapnya singkat. (matapenanews.com)

Post Bottom Ad