Kreasi Tapis Dilombakan, Ini Kata Septi Istiqlal - matapenanews.com | Mata Pena News

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 20 Juli 2018

Kreasi Tapis Dilombakan, Ini Kata Septi Istiqlal

Foto: Erson N/ matapenanews.com


Laporan: Erson N
PESISIR BARAT-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Hj. Septi Istiqlal, membuka gelaran lomba kreasi tapis, Jumat (20/7), di Gedung Sekretariat TP-PKK Pesibar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Komara Helda Azhari, dan peserta lomba dari kader PKK tingkat kecamatan se-Pesibar.

Septi Istiqlal saat memaparkan sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan lomba kreasi tapis tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas kader PKK. "Kegiatan ini bukan hanya kegiatan yang dilakukan untuk mengisi kegiatan saja, melainkan bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas kader PKK se-Pesibar," terang Septi.

Melalui kegiatan tersebut kain tapis yang dibuat kader PKK ataupun masyarakat yang menjadi pengrajin kain tapis, diminta untuk bervariasi terutama dalam motif kain tapis. "Kain tapis yang asli dari kabupaten ini, kita upayakan setiap tahunnya ada perkembangan," jelasnya.

Tidak hanya motif, menurut Septi, bentuk kain tapis juga harus bervariasi dengan tidak hanya mengandalkan dalam bentuk sarung dan selendang. Dia mencontohkan semisal membuat souvenir ataupun bentuk lainnya dari kain tapis. "Sarung dan selendang harganya cukup mahal sehingga akan sulit untuk terjual, sedangkan apabila dibuat variasi lainnya dengan harga yang terjangkau tentu kain tapis akan mudah terjual dan semakin dikenal," ungkap Septi.

Pihaknya berharap, kain tapis yang berasal dari Pesibar, kedepan bisa terus dikenal oleh masyarakat luas, sehingga bisa memembantu pengrajin kain tapis dalam memasarkan hasil kerajinannya dan bisa meningkatkan ekonomi pengrajin tapis. "Kita harap kain tapis ini terus berkembang, terutama dalam pemasaran dan variasi dalam pembuatannya, sehingga kain tapis bisa semakin dikenal, dan memiliki ciri khas tersendiri," pungkasnya.

(matapenanews.com)

Post Bottom Ad